Ingin Memulai Bisnis Menjahit Walau Pandemi? Simak Ideas Berikut!

Setelah membuka toko online, lakukan pemasaran produk dengan menggunakan fitur gratis maupun berbayar yang disediakan platform. Pertama, tentu calon pelaku usaha harus punya produk yang akan dijual, ia bisa membuat produk sendiri atau mengambil barang dari tempat lain lalu menjualnya kembali . Jakarta – Pandemi virus corona mengharuskan masyarakat untuk menggunakan teknologi demi membantu kegiatan sehari-hari mereka. Selain ketiga hal diatas, masih banyak cara untuk memaksimalkan strategi bisnis on-line. Anda dapat mengakses ulasan lebih lengkap tentang digital advertising yang telah kami rangkum. Hal ini sangat memudahkan calon pelanggan untuk mengenal lebih dekat produk Anda hanya dalam beberapa klik.

Tidak perlu khawatir ada kesalahan dalam perhitungan maupun saat melakukan pelaporan. Melalui hal tersebut maka akan jelas terlihat betapa pentingnya software program akuntansi dalam dunia bisnis. Terutama untuk memastikan bisnis berjalan lancar dengan operasional yang berjalan optimal pula sehari-harinya. Peningkatan digitalisasi saat pandemi juga memiliki dampak yang mengkhawatirkan dimana semakin besarnya permukaan serangan yang terbuka dan juga titik buta keamanan yang terekspos. Salah satu penyebab adalah adanya penyebaran perangkat secara besar-besaran karena karyawan harus bekerja dari rumah, dimana keamanan jaringan tidak seperti bekerja di lingkungan perusahaan. Sehingga tantangan keamanan siber saat ini tidak hanya bagaimana mengamankan firewall perusahaan secara keseluruhan, tetapi juga memperluas batas keamanan di luar firewall perusahaan dimanapun karyawan bekerja.

Membuka Bisnis di masa pandemi

Kemudahan mengakses audiobook melalui smartphone membikin banyak orang tertarik dengan produk ini. Banyaknya permintaan produk audiobook juga membuka peluang pekerjaan freelance sebagai narator, atau pengalih isi buka dari teks menjadi suara. Salah satu situs yang menyediakan informasi tentang bagaimana menghasilkan uang dari menjadi narator audiobook adalah bookriot.com. Dikutip dari Forbes, berikut sejumlah peluang bisnis yang dapat dikerjakan di rumah dan memakai sarana online, serta berpotensi menghasilkan uang selama masa pandemi. Bryant Christanto, CEO Paxel, melihat permintaan akan frozen food dari beragam brand UKM belakangan ini semakin populer, terutama memasuki bulan Ramadan. Keuntungan bisnis online selanjutnya adalah Anda dapat menjangkau konsumen secara lebih luas.

Mereka yang berbisnis di frozen meals pada masa pandemi mengaku mengalami peningkatan penjualan. Selain itu, bisnis e-commerce juga menjadi kebutuhan utama publik dalam bertransaksi pada masa pandemi, mengingat jual-beli on-line marak dilakukan untuk meminimalisir kontak fisik. Transaksi jual-beli online ini juga turut mengerek aktivitas bisnis di sektor jasa pengiriman barang. Sebelum memulai usaha Bakerboss, Radiva telah mulai belajar menjadi entrepreneur dengan sempat menjual celana pria dan peralatan baseball sembari sekolah. Ketika memasuki masa pandemi COVID-19, Ia memberanikan diri untuk memulai usaha pastry dan bakery guna mencari pengalaman dan menghasilkan uang sendiri. Akhirnya, Radiva pun mulai merintis usaha Bakerboss pada bulan April 2020.

Meskipun bisnis Anda baru saja dibangun di tengah pandemi, Anda harus mengerti bagaimana mengatur keuangan bisnis agar terus mempertimbangkan hal-hal lainnya. Karena itu, Anda bisa mencoba untuk membuka bisnis ramuan natural yang sedang terkenal saat ini karena menjadi salah satu jenis bisnis kecil kecilan yang menguntungkan. Bagi skala bisnis rumahan yang sudah masuk kategori usaha kelas menengah dan cukup besar pangsa pasarnya. Anda bisa maksimalkan promosi dengan bujet khusus yaitu pakai jasa endorsement seperti mengajak content creator atau influencer lokal untuk memasarkan produk Anda. Manfaatkan media sosial, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Line dan TikTok untuk promosi jualan Anda.

“Aku ingin produknya enggak pasaran sama yang lain biar banyak yang beli. Mau yang bagus dan milenial banget biar menarik perhatian,” tutur dia. Sementara Jaka mengungkapkan dirinya masih merasa kesulitan untuk meraih para pembeli. Walaupun sedang pandemi, daya beli masyarakat cenderung stabil atau bahkan meningkat. Hal berbeda jadi motivasi Jaka Indra untuk memulai bisnis susu yang ia pasarkan secara on-line sejak Agustus 2020.

Mungkin berat di awal, tapi Anda tidak akan tahu seberapa besar kemampuan Anda jika tidak “ditekan” oleh pandemi. Terlepas ada atau tidaknya pandemi COVID-19, kebutuhan pokok akan selalu diminati oleh pembeli. Hanya saja, pandemi COVID-19 membuat kebutuhan pokok semakin diburu pembeli karena tendensi orang-orang untuk menimbun stok sebanyak-banyaknya.